Mata Pelajaran : Akhlak (Taklimul Muta'alim)
Materi : Cara mengurangi makan
Pemateri : Ust. Kharisman, S.Pd.IKumpulan materi kajian agama Pondok Modern Selamat Kendal
Mata Pelajaran : Akhlak (Taklimul Muta'alim)
Materi : Cara mengurangi makan
Pemateri : Ust. Kharisman, S.Pd.IMata Pelajaran : Fiqih (Mabadi Fiqih Juz 3)
Materi : Macam-macam Najis
Pemateri : Ust. Muhammad Muatok, M.Pdالنَّجَاسَاتُ ثَلَاثَةُ
أنْوَاعٍ: مُغَلَّظَةٌ وَمُخَفَّفَةٌ وَمُتَوَسِّطَةٌ.
·
Najis-najis itu ada 3 macam, yaitu: 1. Mughalladhah (Najis yang
berat), 2. Mukhaffafah (Najis yang ringan), 3. Mutawassithah (Najis
pertengahan).
النَّجَاسَةُ المُغَلَّظَةُ
هِيَ: نَجَاسَةُ الكَلْبِ وَالخِنْزِيْرِ وَلُعَابِهِمَا وَمَخَاطِهِمَا وَعَرَقِهِمَا
وَمَا تَوَلَّدَ مِنْهُمَا أَوْ مِنْ أحَدِهِمَا وَلَوْ مَعَ حَيَوَانٍ طَاهِرٍ.
·
Yang termasuk najis mughalladhah, yaitu: Najisnya anjing dan babi,
termasuk pula air liur, igus dan keringatnya, demikian hasil penyilangan yang
dilahirkan oleh kedua hewan tersebut, sekalipun penyilangan itu dengan
binantang yang suci. Misalnya: anjing atau babi yang dikawinkan dengan
kambing, lalu melahirkan anak, maka anak hasil perkawinan itu termasuk najis
mughalladhah juga.
طَهَارَةُ النَّجَاسَةُ
المُغَلَّظَةِ: يُغْسَلُ مَوْضِعُهَا سَبْعَ مَرَّاتٍ بِمَاءٍ طَهُوْرٍ إحْدَاهُنَّ
بِتُرَابٍ طَهُوْرٍ بَعْدَ زَوَالِ عَيْنِ النَّجَاسَةِ.
·
Cara mensucikan najis mughalladhah, yaitu: Dengan membasuh tempat
yang terkena najis sebanyak 7 kali siraman, yang mana salah satunya dicampur
dengan debu (tanah) yang suci sampai tidak nampak lagi najisnya.
النَّجَاسَةُ المُخَفَّفَّةُ
هِيَ: بَوْلُ الصَّبِيِّ الَّذِي لَمْ يَتَغَذَّ إلَّا بِاللَّبَنِ وَلَمْ يَبْلُغْ
الحَوْلَيْنِ.
·
Yang termasuk najis mukhaffafah, yaitu: Air kencing balita yang
belum kemasukan makanan selain air susu dan belum mencapai usia 2 tahun.
طَهَارَةُ النَّجَاسَةِ
المُخَفَّفَةِ: يُرَشُّ عَلَى مَحَلِّهَا مَاءٌ حَتَّى يَبْتَلَّ.
·
Cara mensucikan najis mukhaffafah, yaitu: Cukup dengan memercikkan
air diatas tempat yang terkena najis hingga tempat itu menjadi basah.
النَّجَاسَةُ المُتَوَسِّطَةُ
نَوْعَانِ: حُكْمِيَّةٌ وَعَيْنٍيَّةٌ:
·
Najis mutawassithah itu ada 2 macam, yaitu: 1. Hukmiyyah (Segi
hukumnya) 2. ’Ainiyyah (Segi kenyataannya).
النَّجَاسَةُ الحُكْمِيَّةُ
هِيَ: الَّتِي لَيْسَ لَهَا جِرْمٌ وَلَا طَعْمٌ وَلَا لَوْنٌ وَلَا رِيْحٌ كَبَوْلِ
غَيْرِ الصَّبِيِّ إذَا جَفَّ وَلَمْ تَظْهَرْ لَهُ صِفَةٌ.
·
Najis Hukmiyyah ialah najis yang tidak nampak kenyataannya, tidak
ada rasanya, warna dan baunya. Seperti: Air kencing selain kencingnya anak
kecil yang apabilah air kencingnya telah mengering yang sifatnya sudah hilang
sama sekali.
طَهَارَةُ النَّجَاسَةِ
الحُكْمِيَّةِ: تَطْهُرُ بِغُسْلِهَا بِالمَاءِ وَلَوْ مَرَّةً وَاحِدَةً.
·
Cara mensucikan najis hukmiyyah, yaitu: Cukup membasuh dengan air
walaupun hanya dengan satu kali siraman saja.
النَّجَاسَةُ العَيْنِيَّةُ
هِيَ: الَّتِي لَهَا جِرْمٌ أوْ طَعْمٌ أوْ لَوْنٌ أوْ رِيْحٌ كَالغَائِطِ وَالرَّوْثِ
والدَّمِ وَالقَيْحِ وَالقَيْءِ وَالمُسْكِرِ المَائِعِ وَالمَذِيِّ والوَدِيِّ وَالمَيْتَةُ
بِجَمِيْعِ أجْزَائِهَا (إلَّا مَيْتَةَ الأدَمِيِّ وَالسَّمَكِ وَالجَرَادِ) وَلَبَنِ
حَيٍّ لَا يُؤْكَلُ لَحْمُهُ (غَيْرَ الأدَمِيِّ) وَالجُزْءِ المُنْفَصِلِ مِنَ الحَيَوَانِ
الحَيِّ (غَيْرَ الأدَمِيِّ وَالسَّمَكِ وَالجَرَادِ).
·
Najis ’Ainiyyah ialah najis yang nampak kenyataannya atau rasanya,
warna serta baunya. Seperti: Kotoran manusia, benda cair yang memabukkan, air
madzi, air wadi, bangkai beserta seluruh bagian-bagiannya (kecuali mayat
manusia, bangkai ikan, bangkai belalang), susu binantang hidup yang dagingnya
haram dimakan (selain susu manusia) dan anggota yang terpisah dari binantang
yang hidup (selain anggota yang berasal dari manusia, ikan, belalang).
طَهَارَةُ النَّجَاسَةِ
العَيْنِيَّةِ: يُغْسَلُ مَحَلُّهَا بِالمَاءِ حَتَّى يَزُوْلَ طَعْمُ النَّجَاسَةِ
وَرِيْحُهَا وَلَوْنُهَا، وَلَا يَضُرُّ بَقَاءُ الطَّعْمِ وَحْدِهِ أوِ الرِّيْحِ
وَالَّلوْنِ مَعًا عَسُرَ ذَلِكَ.
·
Cara mensucikan najis ’Ainiyyah, yaitu: Dengan membasuh tempat
yang terkena najis dengan air sampai hilangnya rasa, bau dan warnanya, tetapi
tidak mengapa kalau yang tertinggal hanya rasa dan warna yang merupakan noda
yang sulit dihilangkan.
طَهَارَةُ الخَمْرِ:
تَطْهُرُ الخَمْرُ إذَا صَارَتْ خَلًّا بِنَفْسِهَا.
·
Cara mensucikan Khamar (tuak, arak atau minuman keras lainnya),
yaitu: dapat menjadi suci apabilah sudah berubah menjadi cukak dengan
sendirinya (tidak karena diolah atau diberi campuran obat agar bisa menjadi
cukak, kalau perubahan itu karena diolah atau dicampur dengan sesuatu, maka
khamar itu tetap nijis).
طَهَارَةُ جِلْدِ المَيْتَةِ:
يَطْهُرُ جِلْدُ المَيْتَةِ بِالدَّبْغِ إلَّا جِلْدَ مَيْتَةِ الكَلْبِ وَالخِنْزِيْرِ
وَمَا تَوَلَّدَ مِنْهُمَا أَوْ مِنْ أحَدِهِمَا مَعَ حَيَوَانٍ طَاهِرٍ.
·
Cara mensucikan kulit bangkai dengan cara disamak, kecuali kulit
anjing, babi dan binantang hasil perkawinan dari kedua binantang itu, walaupun
dikawinkan dengan binantang yang suci.
Mata Pelajaran : Hadis (Lubabul hadis)
Materi
: 4 Hadis tentang keutamaan basmalah
Pemateri
: Ust. Oko
Haryono, S.Th.I
Bab Ketiga,
Menerangkan Keutamaan Membaca Bismillahir Rohmanir Rohim,
Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُوْلُ بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اِلَّا ذَابَ الشَّيْطَانُ كَمَا يَذُوْبُ
الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ
“Tidaklah seorang
hamba mengucapkan “Bismillahir Rohmanir Rohim” (Dengan menyebut nama Allah yang
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) kecuali syetan meleleh seperti melelehnya
timah di atas api”.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُوْلُ بِسْمِ
اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اِلَّا اَمَرَ اللهُ تَعَالٰى الْكِرَامَ
الْكَاتِبِيْنَ اَنْ يَكْتُبُوْا فِيْ دِيْوَانِهِ اَرَبَعَمِائَةِ حَسَنَةٍ
“Tidaklah
seorang hamba mengucapkan “Bismillahir Rohmanir Rohim” (Dengan menyebut nama
Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) kecuali Allah yang Maha Luhur
memerintah malaikat Kiromal Katibin (Malaikat yang bertugas mencatat amal
perbutan manusia) untuk mencatatn 4000 kebaikan di buku catatan amalnya”.
Nabi Muhammad SAW
bersabda :
مَنْ قَالَ بِسْمِ اللهِ
الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوْبِهِ ذَرَّةٌ
“Barang siapa yang
mengucapkan “Bismillahir Rohmanir Rohim” (Dengan menyebut nama Allah yang Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang) sekali, maka tidaklah tersisa dari dosa-dosanya
sebesar dzarrah (1)”
Catatan (1) :
Dzarrah dalam bahasa mengaji kitab kuning
dimaknai dengan “sebesar semut pudak” karena para kyai dulu menyebut bahwa
ukuran dan bobot makhluk terkecil adalah semut pudak. Sedangkan Dzarrah sendiri
adalah unsur paling kecil di dunia, bahkan teori mengatakan adanya proton dan
neutron di dalam unsur-unsur atom, ini juga merupakan dzarrah.
Nabi Muhammad SAW bersabda :
مَنْ كَتَبَ بِسْمِ اللهِ
فَجَوَّدَ تَعْظِيْمًا لِلّٰهِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا
تَأَخَّرَ
“Barang
siapa menulis “Bismillahi” (Dengan menyebut nama Allah) kemudian dia
membaguskan (tulisan itu) sebagai bentuk pengangungan kepada Allah, maka
diampuni baginya dosa yang terdahulu (telah dilakukan) dan dosa yang akhir
(akan dilakukan)”.
Mata Pelajaran : Tarikh (Khulashoh Nurul Yaqin Juz 3)
Materi : RINGKASAN KEKHILAFAHAN ABU BAKAR R.A DAN SEJARAH BELIAU
Pemateri : Ust. Muhammad Yunus, S.Eخلاصة
خلافة أبى بكر رضى الله عنه وسيرته
RINGKASAN
KEKHILAFAHAN ABU BAKAR R.A DAN SEJARAH BELIAU
أبو بكر هو عبد الله
أبى قحافة . ولد بعد النّبىّ بسنتين وأشهر وامتاز بالسّهولة وحسن المعاشرة ولطف
المجالسة واشتغل بالتّجارة وصحب النّبىّ صلّى الله عليه وسلّم قبل البعثة . ولمّا
بعث صلّى الله عليه وسلّم كان أبو بكر أوّل من آمن به من الرّجال ودعا أصدقاءه الى
لإسلام وكان يشترى العبيدالمؤمنين ويعتقهم فى سبيل الله
Nama
beliau ialah Abdullah bin Abi Quhafah. Beliau dilahirkan sesudah Nabi Muhammad
dengan selisih dua tahun dan beberapa bulan. Beliau itu mempunyai sifat
istimewa yaitu lemah lembut, baik dalam pergaulan dan rendah hati dalam
persaudaraan. Pekerjaan beliau adalah berdagang. Beliau adalah teman Nabi
sebelum diangkat menjadi Nabi. Ketika Nabi diutus menjadi Rasul, beliaulah yang
pertama kali beriman dari golongan orang laki-laki. Beliau lau mengajak
kawan-kawanya masuk Islam, dan suka membeli budak yang mukmin lalu dimerdekakan
karena mencari keridlaan Tuhan.
ولمّا هاجر رسول الله
صلّى الله عليه وسلّم رافقه وصحبه فى غزواته ودفع عنه وحجّ بالمسلمين فى السّنة
التّاسعة وصلّى بهم لمّا مرض رسول الله صلّى الله عليه وسلّم
Ketika
Rasulullah hijrah, beliau selalu menemaninya. Di waktu perang beliau selalu
mendampingi pula. Pada tahun kesembilan Hijriyah, ketika Rasulullah sedang
sakit, beliau berhaji dengan kaum Muslimin.
ولمّا توفّى رسول الله صلّى الله عليه
وسلّم جزع النّاس لفراقة فكان ابوبكر رضى الله عنه اجلدهم فاتّخذوه قدوة فى الصّبر
والثّابت.
Ketika
Rasulullah SAW. wafat, orang-orang menjadi sangat gelisa dan susah karena
mereka harus berpisah dengan junjunganya. Karena itu kemudian Abu Bakar
berkhutbah dihadapan sekalian mereka itu, yang isinya mengajak mereka
agar tetap sabar dan tenang.
واجتمع الانصار بعد وفاته صلّى الله عليه
وسلّم فى سقيفة بنى ساعدة لمبايعة سعد بن عبادة فاسرع المهاجرون الى السّقيفة
يتقدّمهم ابوبكر وعمر وابوعبيدة, وبعد جدال بين المهاجرين والانصار, تكلّم ابوبكر
فبيّن فضل قريش وقال للأنصار: رضيت لكم احد هذين الرّجلين يعنى عمر بن
الخطّاب وابا عبيدة.
Sesudah
wafatnya Rasulullah SAW. berkumpulah orang-orang Ansar di Saqifah Bani Sa’idah
untuk mengangkat Sa’ad bin Ubaidah sebagai khalifah. Oleh kerena itu
cepat-cepatlah golongan Muhajirin pergi kesana dengan dipimpin oleh Abu Bakar,
Umar dan Abu Ubaidah, sehingga diantara dua golongan itu terjadi perdebatan dan
pertengkaran mulut. Sesudah itu lalu Abu Bakar berkhutbah dihadapan orang-orang
Ansar yang menerangkan atas keutamaan orang
orang quraisy. Khutbah beliau itu diakhiri dengan ucapan:I’’saya rela agar
kalian semua memilih di antara dua orang ini’’yakni Umar bin Khattab dan Abu
‘Ubaidah.
فبايعه عمر وتبعه الحاضرون ثمّ دخل المسجد
فبا يعه النّاس. واوّل عمل بدأبه ابوبكر تسيير جيش اسامة الذى جهّزة النّبىّ صلّى
الله عليه وسلّم قبل وفاته لغزواطراف الشّام فشيّعه بنفسه,فسار الجييش الى(ابنى)
ورجع ظافرا.وارتدّ معظم القبائل بعد وفاة النّبىّ صلّى الله عليه وسلّم ولم يبق
الااهل مكّة والمدينة وقليل غيرهم, فجهّز ابوبكر الجيوش فقاتلتهم وانتصرت عليهم.
Tetapi
Umar segera membai’at beliau dan diikuti oleh banyak orang.Kemudian beliau
masuk kedalam masjid dan dibai’at oleh banyak orang.Pertama-tama yang dilakukan
oleh Abu Bakar setelah menjadi khalifah adalah mengirimkan tentara Usama ke
negeri syam,yang sudah disiapkan oleh Rosululloh SAW.sebelum wafatnya .Beliau
ikut mengantarkan pula.Tentara itu terus berjalan ke ubna dan kembali dengan
membawa kemenangan.Setelah wafatnya Rosululloh SAW.banyak kabilah arab yang
murtad ,kecuali hanya penduduk Mekkah dan Madinah saja yang tetap dan sedikit
dari golongan yang lain.Oleh karena itu Abu Bakar segera memberangkatkan
tentaranya untuk memerangi mereka hingga mereka kalah.
وفى السّنة الثّانية عشرة جهّز ابوبكر
جيشين لفتح العراق: احدهم بقيادة خالدبن الوليد بفتح الجنوب, والثّانى بقيادة عياض
بن غنم وامره بفتح الشّمال,فسار خالد وقابل جيش الفرس وقتل هرمز قائدهم وظلّ سنة
وشهرين افتتح فيها كثيرا من بلدان الفرس؛ اهمّها(الحيرة) ثمّ سار بجيشه الى شمال
العراق, فساعد عياض بن غنم على الفتح.
Dalam
tahun keduabelas hijriyah,Abu Bakar menyiapkan dua pasukan tentara untuk
menakhlukkan negeri irak.salah satu di antara pasukan itu dipimpin oleh Khalid
bin Walid yang diperintahnya untuk menakhlukkan dari arah selatan.Pasukan yang
kedua dipimpinoleh ‘Iyadl bin Ghunam yang diperintahkan untuk menakhlukkan dari
arah utara.Maka berjalanlah Khalid bin Walid menghadapi tentara parsi dan
membunuh Hurmuz,pemimpin tentara mereka.Kemudian beliau menetap disana selama
satu tahun dua bulan .Kemudian disana menakhlukkan banyak negeri yang
dibawah kekuasaan parsi.Diantara negeri itu yang terpenting ialah
Hirah.Setelah itu beliau berjalan bersama pasukannya ke utara negeri irak untuk
menolong ‘Iyadl bin Ghunam dan akhirnya dapat menakhlukkan negeri itu.
وفى السّنة الثّالثة عشرة من الهجرة جهّز
ابوبكر اربعة جيوش لفتح الشّام, فجمع هرقل ملك الرّوم الجيوش الصدّها, فاجتمع
المسلمون فى اليرموك وطلبوا من ابى بكر المدد فارسل اليهم خالدبن الوليد, فلمّا
وصل الى اليرموك ومعه عشرة آلاف اراد المسلمون قتال الرّوم متفرّقين فنصحهم وبيّن
لهم انّ النّصريتوقّف على الاتّحاد, فسلّموه قيادة الجيش فهجم على الرّوم حتّى
هزمهم وقتل منهم الالوف وقتل من المسلمين ثلاثة آلاف منهم عكرمة بن ابى جهل, وفى
اثناء القتال وردكتاب من المدينة بوفاة ابى بكر وخلافة عمر وعزل حالد وتولية ابى
عبيدة, فكتما الخبر حتّى تمّ النّصر.
Dalam
tahun ketigabelas hijriyah ,Abu Bakar menyiapkan empat pasukan tentara untuk
menakhlukkan syam.Oleh karena itu Heraklius,raja rum mengumpulkan bala
tentaranya untuk melawan tentara islam tersebut.Orang-orang islam kemudian
berkumpul di Yarmuk dan mengirimkan surat kepada Abu Bakar untuk meminta
bantuan.Lalu Abu Bakar segera mengirimkan Khalid bin Walid kesana.Ketika Khalid
bin Walid sampai di Yarmuk beserta tentaranya yang berjumlah 10.000 orang
,didapatinya bahwa tentara islam akan bertempur dengan tentara rum dengan
sendiri-sendiri (terpecah belah).Karena itu beliau kemudian memberikan nasehat
kepada mereka dan menerangkan bahwa kemenangan itu terletak pada
persatuan.Orang –orang islam kemudian menyerahkan pimpinan kepada beliau,dan
mulailah bertempur dengan tentara rum.Dari pihak tentara rum ada sekian ribu
orang yang gugur,sedangkan dari pihak islam ada 3000 orang yang gugur dimedan tempur
,diantaranya ialah Ikrimah bin Abu Jahal.Ditengah-tengah pertempuran itu
datanglah surat dari Madinah yang memberitakan wafatnya Abu Bakar dan
diangkatnya Umar bin Khottob menjadi khalifah ,dan diterangkan pula
tentang pemecatan Khalid dari jabatannya dan diganti oleh Abu ‘Ubaidah.Berita
ini masih dirahasiakan oleh Khalid dan ‘Ubadiah sampai berakhirnya pertempuran.
ولمّا مرض ابوبكر رضى الله عنه استشار
الصّحابة فى استخلاف عمر رضى الله عنه فاشارواعليه بتوليته فكتب له عهدا بالخلافة.
ثمّ توفّى سنة 13 من الهجرة ودفن بجوارالنّبىّ صلّى الله عليه وسلّم. ومدّة سنتان
وعشرليال وعمره: 63 سنة.
Ketika
Abu Bakar ra. Sakit, beliau meminta musyawarah pada para sahabat yang
besar-besar mengenai siapa nanti yang akan menjadi khalifa. Mereka sama
menunjuk kepada ‘umar sebagai ganti beliau itu. Abu Bakar lalu menulis
perjanjian untuknya tentang kekhalifaannya. Kemudian beliau wafat pada tahun ke
13 Hijriyah lalu dimakamkan di bilik ‘Aisyah dekat makam Rasulullah SAW.Masa
kekhalifaan beliau itu ada dua tahun dan sepulu hari. Beliau wafat genap
berusaha 63 tahun.
Mata Pelajaran : Nahwu Shorof (Jurumiyah)
Materi : BAB TSULASI MAZID
Pemateri : Ust. Muhammad Yunus, S.EMata Pelajaran : Fiqih (Sulam Taufiq)
Materi : istinja
Pemateri : Usth. Siti Qomariah, S.PdMata Pelajaran : Hadis (Bulughul Marom)
Materi : Hutang puasa bagi orang yang meninggal
Pemateri : Ust. Syahidin Ghofur, S.Pd.IMata Pelajaran : Akhlak (Taklimul Muta'alim)
Pemateri : Ust. Muhammad Agus Salim, S.Pd
Mata Pelajaran : Tajwid (Yanbua Jilid 7)
Materi : Idghom Syamsy
Pemateri : Ust. Lukman Hakim, S.H.IMata Pelajaran : Akidah (Aqoidu Diniyah Juz 4)
Materi : Wahdaniyah
Pemateri : Ust. Akhmad Khosim, S.H.IMata Pelajaran : Tarikh (Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2)
Materi : Menikahnya nabi dengan Siti Khodijah
Pemateri : Ust. Nur Hadziq, S.Pd.IMata Pelajaran : Fiqih (Mabadi Fiqih Juz 2)
Materi : Tayamum
Pemateri : Ust. Muhammad Muatok, M.PdTAYAMUM
مَا التَّيَمُّمُ
apa itu
tayamum
هُوَ مَسْحُ الْوَجْهِ وَالْيَدَيْنِ
بِتُرَابٍ طَاهِرٍ بَدَلًا عَنِ الْوُضُوْءِ أَوِ الْغُسْلِ
ialah
mengusap wajah dan kedua tangan dengan debu yang suci sebagai ganti dari wudhu
dan mandi
كَمْ فُرُوْضُ التَّيَمُّمِ
berapa
fardhunya tayamum
فُرُوْضُهُ خَمْسَةٌ
fardhunya
ada lima
(الْأَوَّلُ) النِّيَّةُ (الثَّانِى)
نَقْلُ التُّرَابِ إِلَى الْعُضْوِ الْمَمْسُوْحِ (الثَّالِثُ) مَسْحُ الْوَجْهِ (الرَّابِعُ)
مَسْحُ الْيَدَيْنِ (الْخَامِسُ) التَّرْتِيْبُ
(1)
niat (2), memindah debu ke anggota yang diusap , (3) mengusap wajah , (4)
mengusap kedua angan , (5) tertib .
مَا نِيَةُ التَّيَمُّمِ
apa
niatnya tayamum
هِيَ نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ
الصَّلَاةِ الْمَفْرُوْضَةِ
yaitu
saya niat tayamum karena ingin melakukan sholat fardhu
مَتَى يَجِبُ التَّيَمُّمُ
kapan
di wajibkan bertayamum
(1) عِنْدَ فَقْدِ الْمَاءِ
(1)ketika
tidak ada air
(2) وَعِنْدَ خَوْفِ اسْتِعْمَالِ الْمَاءِ
لِبَرْدٍ أَوْ مَرَضٍ
(2)
ketika takut menggunakan air karena dingin atau sakit
(3) وَعِنْدَ الْاِحْتِيَاجِ إِلَى الْمَاءِ
لِعَطْشِ حَيَوَانٍ مُحْتَرَمٍ
(3)
ketika hewan yang dimuliakan membutuhkan air karena haus
مَا الَّذِيْ يُبْطِلُ التَّيَمُّمَ
perkara
apa yang membatalkan tayamum
يُبْطِلُهُ كُلُّ مَا يُبْطِلُ الْوُضُوْءَ
وَرُؤْيَةُ الْمَاءِ فِيْ غَيْرِ وَقْتِ الصَّلَاةِ وَالرِّدَّةُ
Mata Pelajaran : Hadis (Arbain nawawi)
Materi : Hadits ke-12 Tinggalkan Apa yang Tidak Berguna
Pemateri :
Ust. Oko Haryono, S.Th.I
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مِنْ حُسْنِ إِسْلامِ المَرْءِ
تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ» حديثٌ حسنٌ، رواه الترمذي وغيره هكذا.
Dari Abu Hurairah
radhiyallahu ‘anhu berkata :Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Di antara bagusnya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak
berguna baginya.” Hadits hasan, diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan selainnya
seperti itu.
[Shahih: Sunan at-Tirmidzi (no. 2317), Sunan Ibnu Majah (no. 3976)]
Penjelasan:
Secara umum, hadits ini
menjelaskan kebaikan, kebagusan atau keindahan Islamnya seseorang yang
indikator paling menonjol adalah meninggalkan yang tidak bermanfaat baginya.
Dalam suatu kelas
misalnya, dalam nuansa belajar, kemudian ada yang sibuk main, ngobrol tak
jelas, ngrumpi dan melakukan hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran,
maka ini masuk dalam kategori hadits tersebut.
Dari hadis diatas dapat
diambil pelajaran :
Mata Pelajaran : Akhlak (Akhlaqu Lil Banin Juz 2)
Materi : kewajiban anak terhadap orang tua
Pemateri : Ust. Kharisman, S.Pd.IMata Pelajaran : Hadis (Bulughul Marom)
Materi : Hukum air kencing bayi laki-laki dan perempuan
Pemateri : Ust. Syahidin Ghofur, S.Pd.I