Saturday, 30 October 2021

Mukhtarul Ahadis - KEPANDAIAN ORANG MU'MIN

Mata Pelajaran        : Hadis (Mukhtarul Ahadis)

Materi                    KEPANDAIAN ORANG MU'MIN

Pemateri                 : Ust. Syahidin Ghofur, S.Pd,I


Hadis ke 19
KEPANDAIAN ORANG MU'MIN
 
 اتقوا فراسة المؤمن ،فانه ينظر بنور الله   ( رواه الترمدى )

" Takutlah olehmu firasat orang mu'min ( kepandaian orang mu'min dalam mengetahui sesuatu karena mendapat Ilham dari Allah ) maka sesungguhnya orang mu'min itu memandang dengan cahaya Allah."     ( Hadits riwayat Tirmidzi ).

Keterangan :
   Orang-orang mu'min itu mendapat Ilham dari Allah dan pandangan orang mu'min itu adalah pandangan yang baik karena dia mendapat cahaya ( petunjuk ) dari Allah, bukan karena tahayul, khurafat dan sebagainya.

Yanbu'a Jilid 6 - Hukum Waw yang dibaca pendek (dianggap tidak ada)

Mata Pelajaran        : Tajwid (Yanbu'a Jilid 6)

Materi                    : Hukum Waw yang dibaca pendek (dianggap tidak ada)

Pemateri                 : Ust. Lukman Hakim, S.H.I

Hukum Waw yang dibaca pendek (dianggap tidak ada)

 وَاِنْ كُنَّ اُولَاتِ حَمْلٍ فَاَنْفِقُوْا عَلَيْهِنَّ حَتّٰى يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّۚ فَاِنْ اَرْضَعْنَ لَكُمْ فَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّۚ

اُولتِ 
 hati-hati U-nya dibaca  pendek اُلَتِ 

 وَاِنْ كُنَّ اُولَتِ  حَمْلٍ فَاَنْفِقُوْا عَلَيْهِنَّ حَتّٰى يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّۚ فَاِنْ اَرْضَعْنَ لَكُمْ فَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّۚ

No. 6  أُولَاتِ

 hati-hati U-nya dibaca  pendek ألَاتِ

 وَاِنْ كُنَّ أُولَاتِ  حَمْلٍ فَاَنْفِقُوْا عَلَيْهِنَّ حَتّٰى يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّۚ فَاِنْ اَرْضَعْنَ لَكُمْ فَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّۚ
(QS. Ath-thalaq Ayat 6 Juz 28)

No. 7  سَاُورِيۡكُمۡ

 hati-hati U-nya dibaca  pendek سَاُرِيۡكُمۡ

وَكَتَبۡنَا لَهٗ فِى الۡاَلۡوَاحِ مِنۡ كُلِّ شَىۡءٍ مَّوۡعِظَةً وَّتَفۡصِيۡلًا لِّـكُلِّ شَىۡءٍ‌ ۚ فَخُذۡهَا بِقُوَّةٍ وَّاۡمُرۡ قَوۡمَكَ يَاۡخُذُوۡا بِاَحۡسَنِهَا‌ ؕ سَاُورِيۡكُمۡ دَارَ الۡفٰسِقِيۡنَ
(Q.S. Al-A'raf ayat 145 Juz 9)

Mabadik Fiqih juz 3 - Syarat dan fardhunya Wudhu

Mata Pelajaran        : Fiqih (Mabadik Fiqih juz 3)

Materi                    : Syarat dan fardhunya Wudhu

Pemateri                 : Ust. Muhammad Muatok, M.Pd

شُرُوْطُ الوُضُوْءِ خَمْسَةٌ: (1) أنْ يَكُوْنَ المُتَوَضِّئُ مُسْلِمًا. (2) أنْ يَكُوْنَ مُمَيِّزًا. (3) أنْ لَا يَكُوْنَ عَلَى أعْضَاءِ الوُضُوْءِ حَائِلٌ يَمْنَعُ وُصُوْلَ المَاءِ البَشَرَةَ كَشَمْعٍ وَشَحْمٍ وَغَمْضِ عَيْنٍ. (4) أنْ لَا يَعْتَقِدَ فَرْضًا مِنْ فُرُوْضِهِ سُنَّةً.

Syarat-syaratnya wudhu itu ada 5, yaitu: 

1. Orang yang melakukan wudhu’ itu adalah seorang islam, 

2. Hendaknya ia seorang yang mumayyiz,

3. Jangan sampai ada lapisan penghalang yang mencegah sampainya air pada kulit, seperti: lapisan lilin, lemak, tahi mata dll, 

4. Agar orang yang berwudhu itu jangan sampai menyangka apa yang difardhukan adalah sunnah, 

5. Air yang suci.

 

فَرَائِضُ الوُضُوْءِ سِتَّةٌ، وَهِيَ: (1) النِّيَّةُ عِنْدَ غَسْلِ أوَّلِ جُزْءٍ مِنَ الوَجْهِ. (2) غَسْلُ الوَجْهِ مِنْ مَنْبَتِ شَعْرِ الرَأْسِ إلَى مُنْتَهَى الذَّقَنِ وَمِنَ الأُذُنِ إلَى الأُذُنِ. (3) غَسْلُ اليَدَيْنِ مَعَ المِرْفَقَيْنِ وَمَا تَحْتَ الأظَافِرِ الطَوِيْلَةِ الّتي تَسْتُرُ الأَنَامِلَ. (4) مَسْحُ بَعْضَ الرَّأْسِ وَإنْ لَمْ يَكُنْ عَلَيْهِ شَعْرٌ، وَلَا يَكْفِي مَسْحُ شَعْرٍ طَالَ عَنْ حَدِّ الرَّأسِ. (5) غَسْلُ الرِّجْلَيْنِ إلَى الكَعْبَيْنِ، وَيَجِبُ غَسْلُ العَقِبَيْنِ وَشُقُوْقِهِمَا. (6) التَّرْتِيْبُ بَيْنَ الأعْضَاءِ الأرْبَعَةِ.

Fardhu-fardhunya wudhu itu ada 6, yaitu: 

1. Niat, ketika pertama kali membasuh pertama dari wajah,

2. Membasuh muka, dari mulai tumbuhnya rambut (atasnya kening) sampai ujung dagu, dari telinga yang satu sampai ke telinga yang lain, 

3. Membasuh kedua tangan sampai siku dan apa yang menutupi kuku yang panjang (ujung-ujung jari di bawah kuku), 

4. Mengusap sebagian kepala, sekalipun tidak ada rambut yang tumbuh, dan tidak cukup dengan mengusap rambut yang panjangnya melebihi batas kepala, 

5. Membasuh dua kaki sampai matakaki, juga wajib membasuh kedua tumit dan sela-sela kulit yang retak di bawah kedua tumit, 

6. Tertib (urut).

 

سُنَنُ الوُضُوْءِ كَثِيْرَةٌ، مِنْهَا: (1) التَّسْمِيَةُ. (2) غَسْلُ الكَفَّيْنِ قَبْلَ إدْخَالِهِمَا الإنَاءَ. (3) السِوَاكُ. (4) المَضْمَضَةُ. (5) الاسْتِنْشَاقُ. (6) مَسْحُ جَمِيْعَ الرَّأْسِ. (7) مَسْحُ الأُذُنَيْنِ ظَاهِرِهِمَا وَبَاطِنِهِمَا. (8) تَخْلِيْلُ أصَابِعِ اليَدَيْنِ وَالرِّجْلَيْنِ. (9) تَخْلِيْلُ اللِّحْيَةِ الكَثِيْفَةِ. (10) تَحْرِيْكُ الخَاتَمِ. (11) تَقْدِيْمُ اليُمْنَى عَلَى اليُسْرَى. (12) التَّثْلِيْثُ. (13) المُوَالَاةُ. (14) الدَّلْكُ. (15) الدُّعَاءُ بَعْدَهُ.

Sunnah-sunnah wudhu’ itu banyak sekali, diantaranya: 

1. membaca basmallah, 

2. kedua telapak tangan dibasuh lebih dulu sebelum dimasukkan kedalam jading, 

3. bersiwak, 

4. berkumur, 

5. menghisab air kedalam hidung lalu dikeluarkan kembali, 

6. mengusap seluruh kepala, 

7. mengusap kedua daun telinga baik bagian luar atau bagian dalamnya, 

8.membasuh sela-sela kedua jari tangan dan jari kaki, 

9. membasuh sela-sela jenggot yang lebat, 

10. menggerak-gerakkan cincin agar airnya merata ke jari-jari, 

11. mendahulukan anggota yang kanan dari yang kiri, 

12. serba tiga kali, 

13. secara berturut-turut jangan sampai dipisah antara fardhu yang satu dengan fardhu yang lain, 

14. tidak hanya sekedar membasuh tetapi disertai menggosok, 

15. membaca do’a setelah selesai wudhu’.

 

مَكْرُوْهَاتُ الوُضُوْءِ أرْبَعَةٌ: (1) الإسْرَافُ فِي المَاءِ. (2) الاستِعَانَةُ عَلَيْهِ بِآخَرَ، إلَّا لِعُذْرٍ. (3) الزِّيَادَةُ عَلَى ثَلَاثٍ. (4) تَنْشِيْفُ الأعْضَاءِ.

Makruhnya wudhu’ itu ada 4, yaitu: 

1. memakai air secara berlebih-lebihan, 

2. minta bantuan orang lain kecuali jika ada halangan, 

3. melebihi dari tiga kali, 

4. mengelapi (dengan handuk) bekas wudhu’nya agar cepat kering.

 

مُبْطَلَاتُ الوُضُوْءِ أَرْبَعَةٌ: (1) كُلُّ مَا خَرَجَ مَنَ السَّبِيْلَيْنِ. (2) زَوَالُ العَقْلِ بِسُكْرٍ أوْ مَرَضٍ أوْ جُنُوْنٍ أوْ إغْمَاءٍ أوْ نَوْمٍ غَيْرِ مُمَكِّنٍ مَقْعَدَهُ مِنَ الأرْضِ. (3) لَمْسُ بَشَرَةِ امْرَأةٍ غَيْرِ مَحْرَمٍ بِغِيْرِ حَائِلٍ. (4) مَسُّ فَرْجِ آدَمِيٍّ بِبَاطِنِ الكَفِّ، لَا بِظَاهِرِهَا وَحَرْفِهَا وَلَا بِرُؤُوْسِ الأصَابِعِ.

Perkara yang membatalkan wudhu’ ada 4, yaitu: 

1. segala apa yang keluar dari dua jalan (qubul dan dubur), 

2. hilangnya akal disebabkan mabuk, sakit, gila, pingsan atau disebabkan tidur yang tidak menetap tempat duduknya dari tanah, 

3.menyentuh seseorang yang bukan mahramnya tanpa lapisan penghalang, 

4. menyentuh kemaluan orang dengan telapak tangan bagian dalam.

 


Ta'limul Muta'alim - Menjauhi Kemalasan

Mata Pelajaran        : Akhlak (Ta'limul Muta'alim)

Materi                    : Menjauhi Kemalasan

Pemateri                 : Ust. Kharisman, S.Pd.I

Sikap malas itu bisa timbul akibat lendir dahak atau badan yang disebabkan oleh orang yang terlalu banyak makan.

Adapun cara mengurangi dahak itu sendiri adalah bisa dilakukan dengan cara mengurangi makan. Ada dikatakan: “tujuh puluh orang Nabi sependapat bahwa sering lupa itu akibat dahak terlalu banyak, dahak terlalu banyak karena minum terlalu banyak, dan biasa adanya minum terlalu banyak itu karena makan terlalu banyak.”

Makan roti kering dn menelan buah anggur kering dapat juga menghilangkan dahak. Namun jangan terlalu banyak, agar tidak mengakibatkan keinginan, yang kesudahannya memperbanyak minum dahak pula.

Bersiwak juga dapat menghilangkan dahak pula. Selain itu memperlancar hafalan dan kefasihan lisan. Demikianlah, perbuatan itu termasuk sunah Nabi yang dapat meningkatkan pahala ibadah sahlat dan membaca Al-Qur'an.

Muntah juga dapat mengurangi lendir dahak, dan mengurangi perminyakan badan (yang disebabkan makan terlalu banyak).

Khulashoh Nurul yaqin Juz 3 - WAFATNYA ABU BAKAR DAN KEKHALIFAHAN UMAR BIN KHOTTOB

Mata Pelajaran        : Tarikh (Khulashoh Nurul yaqin Juz 3)

Materi                    : WAFATNYA ABU BAKAR DAN KEKHALIFAHAN UMAR BIN KHOTTOB

Pemateri                 : Ust. Ghufroni Misbah, S.Pd.I

 الدرس الثانى عشر: وفاة أبى بكر واستخلاف عمر رضى الله عنه

WAFATNYA ABU BAKAR DAN KEKHALIFAHAN UMAR BIN KHOTTOB

لمّا مرض أبو بكر رضى الله عنه جمع كبار الصّحابة واستشارهم فى استخلاف عمر رضى الله عنه

Ketika Abu Bakar sakit. Para pembesar sahabat dikumpulkan dan diajak bermusyawarah tentang pengangkatan Umar R.A menjadi Khalifah.

فأشروا عليه بتوليته فكتب له عهدا بالخلافة وأوصاه بالمسلمين خيرا

Maka mereka  setuju atas pengangkatan Umar sebagai ganti beliau nanti. Setelah itu Abu Bakar menulis perjanjian untuknya sebagai Khalifah dan memesan kepadanya agar kaum Muslimin diperlakukan dengan baik

ثمّ توفّى سنة ثانى عشر من الهجرة ودفن فى حجرة عائشة بجوار النّبىّ صلّى الله عليه وسلّم وعمره ثالث و ستّون سنة

Kemudian beliau wafat pada tahun 12 Hijriyah dan dimakamkan di bilik Aisyah pula didekat makam Rasulullah. Dan genaplah usia beliau pada ketika itu 63 tahun.

وكانت مدّة خلافته سنتين وعشر ليال قضاها فى جمع شمل المسلمين بعد تفرّقهم بردّة الكثير من العرب وتجهيز الجيوش لفتح فارس والشّام

Masa beliu menjabat sebagai Khalifah ada dua tahun dan sepuluh hari. Beliaulah yang mempersatukan orang-orang Islam sesudah mereka berpecah-belah disebabkan banyaknya orang-orang Arab yang murtad. Dan beliaulah yang menyiapkan balatentara untuk menaklukkan negri Parsi dan Syam.

أسئلة

ماذا فعل أبو بكر لمّا مرض ؟ ماذا فعل بعد أن أشار عليه الصّحابة باستخلاف عمر ؟ متى توفّى رضى الله عنه ؟ كم مدّة خلافته ؟

Latihan Pertanyaan:  Apakah yang dikerjakan Abu Bakar ketika sedang sakit? Apakah yang dikerjakan Abu Bakar sesudah para sahabat menunjuk pada Umar?  Berapakah umur Abu Bakar  saat wafat?     Berapa lamakah masa kekhalifahan beliau?

 


Friday, 29 October 2021

Lubabul Hadis - Latihan Soal

Mata Pelajaran        : Hadis (Lubabul Hadis)

Materi                    : Latihan Soal

Pemateri                 : Ust. Oko Haryono, S.Th.I


Untuk pertemuan kali ini pak oko akan memberikan tugas latihan buat anak-anakku yang masih berada dirumah, silahkan di buat ya, untuk materinya bisa di simak artikel tentang hadis kitab Lubabul Hadis  di blog ini ya.

Soal.
1. Tuliskan lafad kalimat thoyibah !
2. Sebutkan pahala orang yang membaca kalimat thoyiibah !
3. Sebutkan contoh amal sholeh di sekolah !
4. jelaskan manfaat membaca kalimat Thoyyibah !
5. Jelaskan maksud dari hadis di bawah ini !
وقال صلى الله عليه وسلم: أَدُّوا زَكَاةَ أبْدَانِكُمْ بِقَوْلِ لا إلٰهَ إلاَّ الله

----------

Keterangan ;
  • Jawaban di tulis di buku tulis, kemudian di foto dan di kirimkan ke wali kelas agama masing-masing.
  • Jika ada soal yang belum paham, bisa di tanyakan kepada wali kelas agama.
  • Santri yang mengumpulkan tugas akan mendapatkan nilai tambahan dari wali kelas agama
  • Daftar wali santri agama bisa di lihat di sini

Sulam Taufiq - Najis dan cara mensucikannya

 Mata Pelajaran          : Fiqih (Sulam Taufiq)

Materi                        : Najis dan cara mensucikannya

Pemateri                     : Usth. Siti Qomariah, S.Pd


فصل): في بيان النجاسات وإزالتها. وهذا الفصل مذكور في بعض النسخ قبيل كتاب الصلاة، والنجاسة لغة الشيء المستقذر. وشرعاً كل عين حرم تناولها على الإطلاق حالة الاختيار مع سهولة التمييز لا لحرمتها ولا لاستقذارها، ولا لضررها في بدن أو عقل، ودخل في الإطلاق قليل النجاسة وكثيرها، وخرج بالاختيار الضرورة، فإنها تبيح تناول النجاسة، وبسهولة التمييز أكل الدود الميت في جبن أو فاكهة، ونحو ذلك وخرج بقوله لا لحرمتها ميتة الآدمي، وبعدم الاستقذار المني ونحوه، وبنفي الضرر الحجز والنبات المضر ببدن أو عقل. ثم ذكر المصنف ضابطاً للنجس الخارج من القبل والدبر بقوله (وكل مائع خرج من السبيلين نجس) هو صادق بالخارج المعتاد كالبول والغائط، وبالنادر كالدم والقيح. (إلا المني) من آدمي أو حيوان غير كلب وخنزير، وما تولد منهما أو من أحدهما مع حيوان طاهر، وخرج بمائع الدود، وكل متصلب لا تحيله المعدة، فليس بنجس بل يطهر بالغسل، وفي بعض النسخ، وكل ما يخرج بلفظ المضارع وإسقاط مائع


(وغسل جميع الأبوال والأرواث) ولو كانا من مأكول اللحم (واجب) وكيفية غسل النجاسة إن كانت مشاهدة بالعين، وهي المسماة بالعينية تكون بزوال عينها، ومحاولة زوال أوصافها من طعم أو لون أو ريح، فإن بقي طعم النجاسة ضر أو لون أو ريح، عسر زواله لم يضر، وإن كانت النجاسة غير مشاهدة، وهي المسماة بالحكمية فيكفي جري الماء على المتنجس بها، ولو مرة واحدة ثم استثنى المصنف من الأبوال قوله (إلا بول الصبي الذي لم يأكل الطعام) أي لم يتناول مأكولاً ولا مشروباً على جهة التغذي (فإنه) أي بول الصبي (يطهر برش الماء عليه) ولا يشترط في الرش سيلان الماء، فإن أكل الصبي الطعام على جهة التغذي غسل بوله قطعاً، وخرج بالصبي الصبية والخنثى فيغسل من بولهما، ويشترط في غسل المتنجس ورود الماء عليه إن كان قليلاً، فإن عكس لم يطهر أما الكثير فلا فرق بين كون المتنجس وارداً أو موروداً (ولا يعفى عن شيء من النجاسات إلا اليسير من الدم والقيح) فيعفى عنهما في ثوب أو بدن، وتصح الصلاة معهما (و) إلا (ما) أي شيء (لا نفس له سائلة) كذباب ونمل (إذا وقع في الإناء ومات فيه فإنه لا ينجسه) وفي بعض النسخ إذا مات في الإناء وأفهم قوله وقع، أي بنفسه أنه لو طرح ما لا نفس له سائلة في المائع ضر، وهو ما جزم به الرافعي في الشرح الصغير، ولم يتعرض لهذه المسألة في الكبير، وإذا كثرت ميتة ما لا نفس له سائلة، وغيرت ما وقعت فيه نجسته، وإذا نشأت هذه الميتة من المائع كدود خل وفاكهة، لم تنجسه قطعاً ويستثنى مع ما ذكر هنا مسائل مذكورة في المبسوطات سبق بعضها في كتاب الطهارة.


Benda Najis dan Cara Menghilangkannya

Fasal) menjelaskan najis dan menghilangkannya. Di dalam sebagian redaksi, fasal ini disebutkan sebelum “Kitab Sholat”.

Definisi Najis

Najis secara bahasa adalah sesuatu yang dianggap menjijikkan. Dan secara syara’ adalah setiap benda yang haram digunakan secara mutlak dalam keadaan normal beserta mudah untuk dibedakan, bukan karena kemuliannya, menjijikkannya dan bukan karena berbahaya pada badan atau akal.

Bahasa “mutlak” mencakup najis sedikit dan banyak.

Dengan bahasa “dalam keadaan normal” mengecualikan keadaan darurat. Karena sesungguhnya keadaan darurat memperbolehkan untuk menggunakan najis.

Dengan bahasa “mudah dipisahkan” mengecualikan memakan ulat yang mati di dalam keju, buah dan sesamanya.

Dengan ungkapan mushannif “bukan karena kemuliannya” mengecualikan mayatnya anak Adam.

Dengan keterangan “tidak karena menjijikkan” mengecualikan sperma dan sesamanya.

Dengan bahasa “tidak karena membahayakan” mengecualikan batu dan tanaman yang berbahaya pada badan atau akal.

Maksudnya, semua barang-barang yang dikecualikan tersebut adalah barang-barang yang haram digunakan bukan karena najis tapi karena hal-hal yang telah disebutkan.


Macam-Macam Najis

Kemudian mushannif menyebutkan batasan najis yang keluar dari qubul (jalur depan) dan dubur (jalur belakang) dengan perkataan beliau,

Setiap benda cair yang keluar dari dua jalan hukumnya adalah najis. Hal ini mencakup benda yang biasa keluar seperti kencing dan tanji, dan benda yang jarang keluar seperti darah dan nanah.

Kecuali sperma dari anak Adam atau binatang selain anjing, babi dan peranakan keduanya atau salah satunya hasil perkawinan dengan bina.

Amtsilah Tashrifiyah - RUBA’I DAN RUBA’I MULHAQ

Mata Pelajaran          : Nahwu Shorof (Amtsilah Tashrifiyah)

Materi                        : RUBA’I DAN RUBA’I MULHAQ

Pemateri                     : Ust. Muhammad Yunus, S.E


FASAL BAB RUBA’I DAN RUBA’I MULHAQ


Fi’il ruba’i mujarrod ( fi’il yang huruf asalnya ada 4 dan tanpa huruf tambahan ) itu babnya ada satu yaitu [فَعْلَلَ - يُفَعْلِلُ],sedangkan fi’il ruba’i mulhaq mujarrod ( fi’il yang huruf asalnya ada 3 dan di tambah satu huruf untuk disamakan dengan ruba’i mujarrod ) itu babnya ada 6 yaitu :

1. [فَوْعَلَ - يُفَوْعِلُ]; 

2. [فَعْوَلَ - يُفَعْوِلُ]; 

3. [فَيْعَلَ - يُفَيْعِلُ]; 

4. [فَعْيَلَ - يُفَعْيِلُ]; 

5. [فَعْلَي - يُفَعْلِي]; 

6. [فَعْلَلَ - يُفَعْلِلُ].

Taklimul Muta'alim - Memilih Teman

Mata Pelajaran          : Akhlak (Taklimul Muta'alim)

Materi                        Memilih Teman

Pemateri                     : Ust. Muhammad Agus Salim, S.Pd


1.      Memilih Teman

وأما اختيار الشريك، فينبغى أن يختار المجد والوراع وصاحب الطبع المستقيم المتفهم، ويفر من الكسلان والمعطل والمكثاروالمفسد والفتان.


Tentang memilih teman, hendaklah memilih yang tekun, waro, bertabiat jujur serta mudah memahami masalah. Menyingkiri orang pemalas, penganggur, banyak bicara, suka mengacau dan gemar memfitnah.

قال الشاع:
عن المرء لا تسل وأبصر قرينه            فـإن الـقرين بالمـقارن يقــتـدى
فـإن كـان ذا شر فــجـنبه سرعـة            وإن كان ذا خير فقارنه تهـتدى
Syiir dikatakan:

  • Jangan bertanya siapakah dia? Cukup kau tahu oh itu temannya.karena siapapun dia, mesti berwataq seperti temannya.
  • Bila kawanya durhaka, singkirilah dia serta merta.bila bagus budinya, rangkullah dia, berbahagia!

وأنشدت شعرا آخر:
لا تصحـب الكسلان فى حـالته            كـم صـالــح بفـسـاد آخــر يفسـد
عدوى البليد إلى الجليد سريعة            كالجمر يوضع فى الرماد فيخمد

Disyi
irkan buatku :

  • Jangan kau temani sipemalas, hindari segala halnya, banyak orang shaleh menjadi kandas, sebab rerusuh sandarannya
  • Menjalar tolol kepada cendikia, amat cepat terlalu laksana api bara, ia padam di atas abu

قال النبى صلى الله عليه وسلم: كل مولود يولد على فطرة الإسلام، إلا أن أبواه يهودانه وينصرانه ويمجسانه. الحديث


Nabi saw bersabda : Semua bayi itu dilahirkan dalam keadaan kesucian islam, hanya kedua orang tuanyalah yang membuatnya jadi yahudi, nasrani, atau majusi.

ويقال فى الحكمة بالفارسية:
باربد بدتـر بود ازمـاربد            بحـق ذات بـاك الله الصـمـد
باربد ازدترا سوى حجيم            بار نـيكــوكــير نابـى نعــيم

Ada dikatakan kata hikmah dalam bahasa persi :

  • Teman yang durhaka, lebih berbisa daripada ular yang bahaya

Demi Allah Yang Maha Tinggi, Nan Maha Suci

  • Teman buruk, membawamu ke neraka jahim

Teman bagus, mengajakmu ke sorga naim

وقيل:
إن كنت تبغى العلم وأهله         أو شـاهدا يخـبـر عن غائب
فاعتبر الأرض بأسـمائها         واعتبر الصاحب بالصاحب

Ada Disyi
irkan:

  • Bilakau ingin mendapat ilmu dari ahlinya

Atau ingin tahu yang gaib dan memberitakannya

  • maka dari nama bumi, ambillah pelajaran tentang isinya

dan dari oarang yang di temani, ibaratkanlah tentang dia