Monday, 26 July 2021

Fa’ail dan pembagianaya


Mata Pelajaran            : Nahwu (Jurmiyah)

Materi                          : Fa’ail dan pembagianaya

Pemateri                      : Ust. Yunus, S.E.I.

 

Fa’il menurut bahasa artinya adalah “pelaku”, sedangkan menurut ahli nahwu fa’il adalah:

الفَاعِلُ هُوَ الإسْمُ المَرْفُوْعُ المَذْكُوْرُ قَبْلَهُ فِعْلُهُ

“Fa’il ialah isim yang dibaca rofa’ yang mana fi’ilnya disebut terlebih dahulu sebelum fa’il”

Contoh:

Baca Juga ; Fi’il Lazim

جَاءَ مُحَمَّدٌ  Muhammad telah datang

جَاءَ adalah fi’il madhi, مُحَمَّدٌ adalah fa’il (pelaku) yang mana disebut setelah fi’il madhi, dan fa’il dibaca rofa’, tanda rofa’nya dhommah karena termasuk isim mufrod (isim yang menunjukan arti satu)جَاءَ الطَالِبَانِ   Dua siswa itu telah datang

Lafadz الطَالِبَانِ adalah fa’il (pelaku), dibaca rofa’, tanda rofa’nya adalah ditambah dengan alif karena termasuk isim tasniyah (isim yang menunjukan arti dua).جَاءَ الطُلَّابُ   Para siswa telah datang

Lafadz الطُلَّابُ adalah fa’il, dibaca rofa’, tanda rofa’nya dhommah karena termasuk jamak taksir (isim yang menunjukan arti banyak dan tak beraturan).

جَاءَ المُسْلِمُوْنَ   Orang-orang islam telah datang

Lafadz المُسْلِمُوْنَ adalah fa’il, dibaca rofa’, tanda rofa’nya ditambah huruf wawu karena termasuk jamak mudzakkar salim (isim yang menunjukan arti banyak yang dikhususkan untuk lelaki dengan menambahkan huruf wawu dan nun, atau menambahkan huruf ya dan nun di akhir kata).

جَاءَ المُسْلِمَاتُ   Para muslimah itu telah datang

Lafadz المُسْلِمَاتُ adalah fa’il, dibaca rofa’, tanda rofa’nya dhommah karena termasuk jamak muannats salim (isim yang menunjukan arti banyak yang dikhususkan untuk perempuan dengan menambahkan huruf alif dan ta di akhir kata).

 

Nah, dari kelima contoh fa’il di atas semuanya dibaca rofa’, karena memang fa’il (subjek/pelaku) dalam Bahasa Arab selamanya HARUS dibaca ROFA’, dan ini menjadi kaidah yang paten dan resmi tertulis dalam ilmu nahwu, kata nadzim:

 

الفَاعِلُ إِسْمٌ مُطْلَقاً قَدِ ارْتَفَعَ    #     بِفِعْلِهِ وَالفِعْلُ قَبْلَهُ وَقَعَ

 

Fa’il adalah isim yang mutlak dirofa’kan oleh fi’ilnya, dan fi’il (kata kerja) terletak sebelum fa’il.

dari pengertian di atas, sudah sangat jelas bahwa fa’il ini termasuk isim atau kata benda, dan dibaca rofa’ oleh karena fi’ilnya (maksudnya adalah fa’il dibaca rofa karena ia menjadi fa’il, dan fa’il tidak akan menjadi fa’il jika tidak ada fi’il, oleh karena itu, fa’il dibaca rofa’ oleh karena fi’il).

 

Pembagian Fa’il

Fa’il sendiri dibagi menjadi dua, yaitu dhohir (الظَاهِرُ) dan mudhmar (المُضْمَرُ), berikut penjelasannya:

1. Dhohir (الظَاهِرُ)

Pembagian fa’il yang pertama adalah dhohir, dhohir sendiri menurut bahasa artinya adalah nampak atau jelas, sedangkan menurut istilah fa’il dhohir adalah seperti yang disebutkan dalam kitab al-jurumiyah:

مَادَلَّ عَلَى مُسَمَّاهُ بِلَا قَيِّدٍ كَزَيْدٍ  وَ رَجُلٍ

fa’il dhohir adalah lafadz yang menunjukan pada yang disebutkan tanpa ikatan, seperti lafadz زَيْدٌ (zaid:nama orang) dan رَجُلٌ (seorang laki-laki).

adalah contoh-contoh fa’il dhohir:

قَامَ زَيْدٌZaid berdiri

ذَهَبَ مُحَمَّدٌ                        Muhammad telah pergi

كَتَبَ مَحْمُوْدٌ الرِسَالَةَ          Mahmuud menulis surat

قَرَأَ أَحْمَدُ الكِتَابَ                Ahmad membaca buku

جَاءَ الطَالِبُ                       Siswa itu telah datang

جَاء الطُلَّابُ                       Para siswa telah datang

قَالَ زَيْدٌ                             Zaid berkata

ذَهَبَ الطَالِبَانِ                   Kedua siswa itu telah pergi

Contoh-contoh di atas sudah sangat jelas tentunya bahwa fa’il dhohir adalah fa’il yang langsung disebutkan di dalam kalimat, dan langsung tertuju pada fa’il tersebut, tanpa ada perantara dan tanpa ikatan apapun.

 

2. Mudhmar(المُضْمَرُ)

Pembagian fa’il yang kedua adalah mudhmar, mudhmar sendiri menurut bahasa artinya adalah ‘yang tersembunyi’, sedangkan menurut istilah fa’il mudhmar adalah seperti yang disebutkan dalam kitab al-jurumiyah:

مَا دَلَّ عَلَى مُتَكَلِّمٍ أَوْ مُخَاطَبٍ أَوْ غَائِبٍ

Fa’il mudhmar adalah lafadz yang menunjukan kepada kata ganti orang yang berbicara (dhomir Mutakallim), kata ganti orang yang diajak bicara (dhomir mukhotob), atau kata ganti orang yang tidak ada (dhomir ghoib, contoh: dia & mereka).

a. Dhomir mutakallim (الضمير المتكلم) dibagi menjadi dua, yaitu dhomir mutakallim wahdah “ضمير متكلم وحده  dan mutakallim ma’al ghoir ‘متكلم مع الغير’.

Mutakallim Wahdah “ضمير متكلم وحده

yaitu kata ganti orang yang berbicara ‘mutakallim’ menunjukan arti satu atau sendiri contohnya أنَا (saya), tapi ketika ia menjadi fa’il pada fi’il madhi maka diganti dengan ta’ ta’nits yang berharokat dhommah تُ yang di letakan di akhir kata, lalu huruf sebelum ta’ harus disukun, contoh:

فَتَحَ ‘dia telah membuka‘ —> menjadi فَتَحْتُ ‘saya telah membuka’.

berikut ini contoh mutakallim wahdah ketika menjadi fa’il dalam sebuah kalimat lengkap:  فَتَحْــتُ الكِتَابَ   Saya membuka bukujadi fa’il dari contoh di atas adalah huruf تُ yang berarti dhomir mutakallim wahdah artinya “Saya”

sedangkan ketika menjadi fa’il pada fi’il mudhore’ maka tambahkan huruf hamzah أ di awal kata, contoh:

أَفْتَحُ الكِتَابَ Saya sedang memuka buku

 

Mutakallim Ma’al Ghoir “متكلم مع الغير

yaitu kata ganti orang yang berbicara ‘mutakallim’ menunjukan arti sendiri berserta lainnya (maksudnya menunjukan arti orang banyak), contoh: نَحْنُ (kami / kita), tapi ketika ia menjadi fa’il pada fi’il madhi maka diganti dengan nun dan alif yang diletakan di akhir kata lalu huruf sebelum nun alif berharokat sukun, contoh:

فَتَحَ ‘dia telah membuka‘ —> menjadi فَتَحْنَا ‘Kami telah membuka’. berikut ini contoh mutakallim ma’al ghoir ketika menjadi fa’il dalam sebuah kalimat lengkap:   فَتَحْــنَا الكِتَابَ  Kami membuka bukujadi fa’il dari contoh di atas adalah huruf نَا yang berarti dhomir mutakallim ma’al ghoir artinya ‘kami‘

sedangkan ketika menjadi fa’il pada fi’il mudhore’ maka tambahkan huruf nun ن di awal kata, contoh:

نَــفْتَحُ الكِتَابَ   Kami sedang memuka buku

b. Dhomir Mukhotob (الضمير المخاطب)yaitu kata ganti orang yang diajak bicara atau lawan bicara, berikut ini dhomir mukhotob:

أنْتَ ‘Kamu (laki-laki)’ —> ditunjukan untuk seorang mukhotob laki-laki. ketika menjadi fa’il dalam fi’il madhi maka menjadi تَ yang berharokat FATHAH, contoh:

ذَهَبْــتَKamu (laki-laki) sudah pergi

sedangkan ketika menjadi fa’il pada fi’il mudhore’, maka tambahkan huruf ta تَ di awal kata, contoh:

تَــذْهَبُ   Kamu (laki-laki) sedang pergi

أنْتِ ‘Kamu (perempuan)’ —> ditunjukan untuk seorang mukhotob perempuan. ketika menjadi fa’il dalam fi’il madhi maka menjadi تِ yang berharokat KASROH, contoh:

ذَهَبْــتِKamu (perempuan) sudah pergi

Sedangkan ketika menjadi fa’il pada fi’il mudhore’, maka tambahkan ta تَ di awal kata, dan tambahkan juga ya dan nun يْنَ di akhir kata, dan huruf sebelum يْنَ harus berharokat kasroh, contoh:

تَــذْهَبِــيْنَ  Kamu (perempuan) sedang pergi

أنْتُمَا ‘Kamu berdua’ —> ditunjukan kepada dua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Ketika menjadi fa’il dalam fi’il madhi maka menjadi تُمَا, contoh:

ذَهَبْــتُمَا   Kamu berdua sudah pergi

Sedangkan ketika menjadi fa’il di fi’il mudhore, maka tambahkan ta تَ di awal kata, dan tambahkan juga alif dan nun ان  di akhir kata, contoh:

تَــذْهَبَــانِ   Kamu berdua sedang pergi

أنْتُمْ ‘kalian (laki-laki)’ —> ditunjukan untuk orang banyak mukhotob laki-laki, ketika menjadi fa’il dalam fi’il madhi maka menjadi تُمْ, contoh:

ذَهَبْــتُمْ  Kalian (laki-laki) sudah pergi

Sedangkan ketika menjadi fa’il di fi’il mudhore’, maka tambahkan ta تَ di awal, dan tambahkan juga wawu dan nun وْنَ di akhir kata, dan beri harokat dhommah sebelum wawu contoh:

تَــذْهَبُــوْنَ   Kalian (laki-laki) sedang pergi

أنْتُنَّ  ‘kalian (perempuan)’ —> ditunjukan untuk orang banyak mukhotob perempuan, ketika menjadi fa’il dalam fi’il madhi maka menjadi تُنَّ, contoh:

ذَهَبْــتُنَّ   Kalian (perempuan) sudah pergi

Sedangkan ketika menjadi fa’il di fi’il mudhore’, maka tambahkan ta di awal kata, lalu tambahkan nun di akhir kata.

Demikian sekilas pembahsan dalam kitab tersebut. Semoga menjadi menfaat bagi kita semua. Wallahu A’lamu bi Al-Showaab.

*Editor. Ust. Ahmad Asrori, S.H.

 


No comments:

Post a Comment